Breaking News
---

Sawah Terendam Banjir di Cirebon Timur Diusulkan Bantuan Benih

Pertanian terdapat 3 sektor yang terdampak bencan banjir wilayah timur Kabupaten Cirebon. Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon, Alex Suheriyawan mengatakan tiga sektor yang terdampak mencakup tanaman pangan terutama padi, horitukultura yaitu tebu dan bawang merah serta sektor peternakan.

Foto : ilustrasi

"Data assessment yang dilakukan Dinas Pertanian unutuk luasan tanaman padi yang terdampak seluruhnya ada 923,5 hektare, sedangkan untuk di tanaman tebu ada 42 hektare , untuk ditanaman bawang merah 151 hektare. Bidang peternakan hasil assessment itu 3 sapi dan 26 domba mati," katanya, Senin (11/3/2024).

Alex Suheriyawan mengungkapkan dampak yang bersifat berat pada tanaman padi masih dalam proses pemulihan atau berbagai pemberlakuan perawatan karena baru sehari terendam banjir. Mengingat tanaman padi akan busuk dan mati setelah terendam selama tiga hari. Sedangkan untuk tanaman tebu terdampak ringan karena meskipun terendam tetapi tidak berpengaruh fatal.

Namun bawang merah terpengaruh fatal dan sangat terdampak berat seluas 15 hektar karena terjadi pembusukan tanaman. " Ini yang harus menjadi perhatian kita," ucap Alex.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan