Breaking News
---

BPS Catat Gula Pasir Juga Alami Kenaikan Harga

 Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan harga gula pasir kembali mengalami kenaikan harga memasuki pekan keempat April 2024. Kenaikan tersebut juga dibarengi dengan meningkatnya jumlah daerah yang mengalaminya.

BPS Catat Gula Pasir Juga Alami Kenaikan Harga

"Berikutnya adalah harga gula pasir. Harga gula pasir memang mengalami kenaikan, tetapi tidak setinggi bawang merah dan bawang putih," ucap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPS, Amalia Adininggar Widyasanti dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah di Jakarta, Senin (29/4/2024).

Amalia merinci harga rata-rata nasional gula pasir di periode tersebut sebesar Rp18.102 per kilogram. Sedangkan di pekan ketiga harganya di kisaran Rp18.028 per kilogram.

Menurut dia ada sebanyak 55,00 persen wilayah Indonesia mengalami kenaikan harga gula pasir di periode tersebut. Secara rinci terdapat 198 Kabupaten dan kota yang mengalaminya.

Lebih lanjut Ia menekankan jumlah tersebut tercatat mengalami peningkatan dari pekan ketiga April 2024. Saat itu terdata daerah yang mengalami kenaikan harga sebanyak 164 daerah.

Sebelumnya Amalia menyebut kenaikan harga bawang merah dan bawang putih di sejumlah daerah di pekan yang sama. Terutama bawang merah yang alami kenaikan dari Rp42.000-an per kg menjadi Rp45.000-an per kg di 314 daerah hingga mengajak melakukan waspada bersama.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan